ganen blog.

hey finally I have a blog!

note: mungkin berisi kalimat atau statement yang mungkin membuat beberapa pihak merasa disalahkan atau semacamnya. saya mohon maaf sebelumnya kalau ada yang merasa tapi saya mencoba untuk tidak mencantumkan statement yang menghina atau menyalahkan satu pihak atau yang lain. feel free to reach me out to discuss about everything mentioned in this post tho ✌

[draft] retrospective kuliah dalam satu post

December 13, 2021 by Ganendra Afrasya

sebuah postingan tentang retrospektif (tbh more like rant but yeah, just deal with it for now) saya selama kuliah (dan berapa tambahan lainnya). dibagi menjadi beberapa bagian karena males kalau dipisah satu-satu.

IGS

todo: implement


HMTC

todo: implement

closing remarks

more like a flashback and not really related to the rest of the post but yeah, I really want to share it.

4 tahun di TC emang momen paling memorable dalam hidup, no doubt about that. banyak hal terjadi, banyak pencapaian hidup tercapai, banyak kenangan dan tentu saja drama karena saya suka ribut. dari yang awalnya masuk TC jalur SNMPTN tak terduga soalnya udah pasrah nilai UN tolol tapi masih keterima sampai lulus dengan predikat memuaskan (kalo ga salah). mulai dari struggling awal kuliah 2 semester pertama IP nyentuh 3.00 aja nggak sampai 3 semester akhir popping off bahkan satu kurang dikit nyentuh IP 4.00 padahal pas semester dimana jadi ketua departemen tekno HMTC, koor admin lab IGS, magang di Jakarta, part-time di Hexavara, dan masih megang komunitas game di Malang (checkmate, kalian yang suka post join himpunan bikin nilai jelek, you just suck 😎 lmao jk). nyentuh IPK 3.5 udah bersyukur banget, melihat 2 semester awal yang udah bikin nyerah. bisa dipercaya jadi ketua departemen tekno HMTC dan koor lab admin IGS bener-bener menguji kemampuan resource management tapi disisi lain jadi dapat banyak keluarga baru, sahabat baru, kenalan baru, dan cerita baru. masih bisa nyalurin hobi ngewibu bahkan jadi bagian dari event jepun disini (biasanya cuma jadi pengunjung, mentok jadi yang ngurus stand komunitas osu!), kenal banyak wibu dan berbagai hobi mereka yang ternyata lumayan ngabisin duit. bisa having fun bareng temen kuliah, mulai nginep di lab malem-malem, dari ke pantai bareng sesama wibu TC, nobar anime, acara-acara himpunan terutama internalisasi, maen ke jogja with the bois, nobar TI sama angkatan atas, dan yang pasti having fun di TC cup (dan beserta drama-dramanya).

batu bengkung with "provinsi TC" (anak-anak IFLS dari TC) batu bengkung with “provinsi TC” (anak-anak IFLS dari TC)

but all of that is nothing compared to the fun I had at IGS, literally. mulai dari jaman ga diterima jadi admin MIS akhirnya diajak Firman ke IGS dan akhirnya daftar camin (untung ga diterima di MIS, sekarang labnya ambrol hiya-hiya). pas camin jadi makin sering nginep di TC, ngerasain tidur di tikar bantalan kursi atau ngestack kursi biar panjang jadi bisa tidur dan ngerasain dinginnya IGS yang luar biasa, keterima jadi admin makin sering ke lab main dan having fun bareng angkatan 2014 yang lagi tugas akhir + Yaskeee (soalnya admin 15 cuma dia doang yang ke lab), ngerasain enaknya PC high-end (kinda), ngerasain enaknya maen game VR pake Oculus Rift (ini merasa bersyukur lagi ga diterima admin MIS, di MIS keknya gaada apa-apa deh yang bisa ngalahin serunya ini), sampai akhirnya diangkat jadi koor admin lab, maen game bareng sama anak 17, teriak-teriak atau ngeplay bass boosted video sampai lab AJK gedor-gedor soalnya lagi praktikum, dimarahin pak Imam gara-gara sholat di ruang admin, tinggal (bener-bener tinggal soalnya ga punya kosan, koper aja ada di IGS, mandi tidur makan semua di IGS) di IGS 2 semester, internalisasi, event admin kayak tutor related sama game development, ngerush project demo whoosh-whoosh buat acara Dies Natalis ITS tahun 2019 (padahal yang punya project lab VR ITS yang disuruh ngerjain siapa kocak), sampai akhirnya kehilangan ruang admin gara-gara lagi liburan malah ada inspeksi dan ruang admin kotor soalnya pada bangun tidur, and list goes on. nothing in my life can beat these memories, nothing. saya bersyukur bisa jadi admin lab IGS, jadi koor admin lab IGS, dan jadi bagian dari keluarga admin IGS. dan saya bersyukur saya merasakan semua itu saat masih indah-indahnya. mulai sekarang semua nggak akan sama lagi, admin baru yang udah nggak terlalu dekat sama yang lain karena online dan gapernah ketemu, nama IGS jadi GIGa, lab di rework (yakin abis ini udah ga boleh nginep-nginep lagi karena embel-embel protokol kesehatan dan alasan lainnya). saya yakin konsep admin bakal berubah, yang dulunya dekat banget sampai jadi keluarga sekarang dan seterusnya mungkin bakal cuma jadi “pekerjaan” yang kerjaannya cuma ngurusin lab ngebantu dosen dan cuma itu aja (I’ll bet about this after seeing the new admins). but yeah, sounds cringe but i really really love every moment i have here, and i will never forget it.

sayang ending masa kuliah tidak seindah yang saya harapkan. dua keinginan terbesar saya lenyap begitu saya karena Covid-19. saya pengen banget bisa ngerasain short program ke Jepang. saya sudah tinggal berangkat and boom, covid, batal berangkat. saya pengen banget ngerasain arak-arakan wisuda sebagai yang diarak, pengen liat wajah orang tua yang kagum ngelihat serunya arak-arakan wisuda ITS dan boom, covid, wisuda online. jujur sampai sekarang dua hal ini masih bikin sakit hati dan masih bikin nangis malem-malem, karena hal-hal ini cuma bisa dirasakan sekali dan disaat sudah dekat, sangat dekat, tiba-tiba hal yang tidak terduga terjadi dan saya tidak mampu untuk berbuat apa-apa. but yeah, things happened and life goes on. fuck it, man, i still want to feel all of them, even a year after, even today.


saya rasa post ini sudah terlalu panjang. again, semua yang ada disini murni dari saya menurut pengalaman dan pemahaman saya dan tidak ada unsur menghina atau menyalahkan satu pihak atau yang lain. tapi kalau memang ada yang merasa, seperti yang sudah saya katakan di note, feel free to reach me out (tapi saya tidak akan merubah apapun yang ada disini). thank you and see you next time!

made with 💖 when I was bored 🥞